Persiapan Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji

Satu persatu kloter calon jamaah haji sudah mulai diberangkatkan menuju Baitullah. Bagi Anda yang akan berangkat, ada baiknya menyimak tips Persiapan Sebelum melaksanakan ibadah Haji. Persiapan ibadah haji perlu dilakukan mengingat ibadah ini merupakan ibadah yang menguras aktivitas fisik, mental dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga diharapkan perjalanan ibadah haji Anda tidak sia – sia.  Berikut adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum berangkat menuju Baitullah:

ibadah haji Persiapan Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji

Persiapan Mental

Anda adalah Tamu Allah, Penerima Undangan/Panggilan  dari Allah untuk menuju Rumah NYA. layaknya tamu undangan pada   umumnya, Anda akan pasti akan dihormati dan dijamu dengan sebaik – baiknya. Persiapan ibadah haji secara mental yang utama adalah Hilangkan perasaan dan pikiran negatif yang akan mengganggu konsentrasi Anda selama beribadah, Yakinlah bahwa yang ada hanya Kemudahan dan Pertolongan dari Allah sebagai “tuan rumah” selama Anda melaksanakan ibadah haji/umroh. Khusnudzon (berbaik sangka) kepada Allah. Dalam hadis Qudsi, Allah berfirman (yang artinya), “Aku bergantung prasangka hamba-Ku kepada-Ku” (HR Bukhari).

Persiapan Spiritual

Ingatlah bahwasanya ibadah haji/umroh bukanlah perjalanan wisata. Jalani seluruh tahapan dan rukun haji/umroh dengan sabar, ikhlas, dan tawakal. Insya Allah semuanya berjalan lancar. Persiapan ibadah haji dan umroh secara spiritual meliputi Manasik, buku-buku doa dan dzikir (bentuk buku saku atau audio visual). Sekedar berbagi, tatkala jamaah umroh alhabsyi melakukan thawaf dengan kondisi jamaah yang berdesak – desakan, sangat riskan apabila Jamaah melaksanakan  thawaf sambil membaca buku do’a. Solusi nya adalah apabila mampu menghafalkan maka hafalkanlah, namun apabila hal itu tidak memungkinkan, maka berdo’alah sesuai apa yang Anda bisa, yakin bahwa apapun do’a permohonan yang Anda baca akan dikabulkan.!! atau ikutilah arahan dari pembimbing thawaf (muthawwif) yang telah berpengalaman dalam membimbing jamaah.

Persiapan Fisik

Persiapan ibadah haji secara fisik dengan memperbanyak latihan jalan kaki dibawah terik matahari sebelum berangkat. Selain suhu di kota Suci Mekkah dapat mencapai 40-50 derajat celcius , Hampir 70 % prosesi ibadah haji adalah ibadah yang memerlukan persiapan fisik yang cukup memadai. Ibadah yang melibatkan kegiatan fisik antara lain Thawaf, Sa´i, Mabit, Wukuf dan Melempar Jumroh. Aktifitas lain yang memerlukan kekuatan fisik adalah perjalanan dari maktab (pemondokan) ke masjid. Di Mekkah, untuk  jamaah haji reguler minimal 1,5 km.

Jaga Stamina dan Kesehatan

Selain imunisasi meningitis, influenza, ataupun thypus, sebagai bekal persiapan ibadah lain adalah obat – obatan yang bersifat pribadi dan multi vitamin. Atur ploa makan dan istirahat yang cukup, perbanyak konsumsi buah buahan dan perbanyak minum air zam zam . Bekali persiapan ibadah haji Anda dengan obat – obatan Diare, Masuk angin, Influenza, Masker, Obat Gosok (Cont*rpain, salon*as, balsam dll) dan jangan lupa membawa alat P3K. Untuk obat dan cairan melebihi 100 ml sebaiknya ditaruh di bagasi.

Membawa Perlengkapan Memasak, Mencuci dan Pakaian secukupnya

Kami tidak menyarankan Anda untuk membawa Rice Cooker, Kompor, Kulkas, Mesin Cuci, maupun Tabung Gas ukuran 3 kg sekalipun. cukup membawa alat yang sederhana dan secukupnya (tali jemuran , penjepit, baju, alat komunikasi dan dokumentasi). Ingat, niat Anda adalah beribadah, bukan pindah rumah, apalagi sekedar tamasya. Untuk kebutuhan konsumsi Anda akan mudah menemukan makanan murah dengan porsi besar khas orang timur tengah dengan harga 1-5 real. Manfaatkan Panduan Meminimalisir Biaya Selama Perjalanan dari keluarga atau kerabat yang pernah melaksanakan ibadah haji sebagai bekal persiapan ibadah haji Anda.

Bertaubat dan Melunasi Hutang

Sucikan diri dengan bertaubat, bersihkan diri dari sifat riya’ (pamer) dan takabur (sombong), serta meminta dan doa restu dari orang-orang yang dihormati atau dicintai, terutama kedua orang tua. Siapkan nafkah yang cukup bagi keluarga yang ditinggalkan selama dan sekembalinya kita dari Tanah Suci. Jika kita memiliki hutang, termasuk FASILITAS DANA TALANGAN, tunjuklah seseorang seseorang yang kita percaya untuk dilimpahi wewenang dalam melunasi hutang tersebut

Mudah – mudahan informasi yang disampaikan mengenai persiapan ibadah haji yang diperlukan dapat bermanfaat. Kami senantiasa berdo’a semoga menjadi haji yang mabrur dan bermanfaat bagi sesama.

Speak Your Mind

*