Panduan Meminimalisir Biaya Selama Perjalanan Umroh

Selain memilih paket perjalanan umroh murah, diperlukan trik lain agar umroh anda benar – benar menjadi perjalanan paling hemat. Hemat disini bukan berarti pelit, menyiksa diri, menahan lapar, dll. Hemat disini dimaksudkan sebagai efisiensi pengeluaran anggaran, dan selalu  mempertimbangkan alternatif yang terkecil biayanya.

Selama perjalanan umroh, terdapat beberapa tips atau panduan yang bisa anda pakai agar perjalanan anda tidak menguras kantong, dan tidak menyesal yang mengakibatkan kantong jebol karena hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Langsung menuju tips nya :

PANDUAN MEMINIMALISIR BIAYA SELAMA PERJALANAN UMROH Panduan Meminimalisir Biaya Selama Perjalanan Umrohjamaah menukarkan real 
(sumber gambar:antara foto)

Terbang Tanpa Membawa Bagasi

Perjalanan umroh  ke luar negeri tanpa membawa bagasi?? Mana mungkin??!. jawabanya adalah mungkin! sudah tidak jaman nya lagi traveling sambil membawa banyak koper dan tas.bepergian dengan barang bawaan yang ringkas bukanlah hal yang sulit dilakukan bukan hanya paket umroh backpacker saja yang berpengalaman melenggang kemana – mana hanya dengan tas punggung, namun Anda pun bisa mengaplikasikan prinsip ini. Keuntungan yang diperoleh selain memperkecil risiko kehilangan juga terbebas dari antri pengambilan bagasi yang seringkali cukup lama.

Sebagai informasi, ketentuan bagasi maskapai internasional adalah 30 kg dan domestik 20 kg. adapun masing – masing bagasi telah dikurangi berat untuk air zam – zam 10 kg dan kain  ikhram 1-2 kg. jika terbang tanpa bagasi, maka kemungkinan menambah ongkos bagasi bisa di pangkas.

Pilih tas ringan berukuran sedang

Jika terpaksa anda harus membawa bagasi saat melakukan perjalanan umroh, pilih tas ransel,  atau tas kecil beroda standart BIRO UMROH MURAH kami yang tidak terlalu memberatkan jamaah. Jangan memilih tas berukuran terlalu besar, karena akan menggoda anda untuk memasukkan barang yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan . Saat menyadari masih ada ruang kosong di dalam tas, kita cenderung merasa sayang jika tidak diisinya.

Pernak – pernik yang bersifat aksesori, seperti  handuk, sandal jepit, karpet, produk perawatan tubuh yang dijual bebas, sabun, pengharum ruangan, asbak, sangat mudah ditemui di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Manfaatkan Saku Pakaian

Satu – satunya objek yang tidak ikut ditimbang adalah tubuh penumpang. Pihak airlines tidak akan mempermasalahkan tubuh anda yang bertambah gendut sehingga Anda bisa menambah beban pesawat saat take off. Pakailah celana cargo dan rompi. Selain memiliki bahan tebal dan hangat saat berada di dalam pesawat, juga bermanfaat untuk menambah stok air zam – zam tanpa dikenai tambahan ongkos bagasi. Lumayan khan??

Bawa makanan dan minuman secukupnya

Anda bisa membatasi pengeluaran selama perjalanan umroh dengan menghemat biaya jajan. Fasilitas PAKET UMROH MURAH  yang kami sediakan untuk Anda termasuk layanan makan 3 kali sehari dengan menu lezat khas Indonesia, dan tentunya minuman yang dapat Anda minta sewaktu – waktu pada petugas catering kami. Namun bagi anda yang hobi jelajah kuliner, kami sarankan anda untuk membeli makanan yang tersedia di toko sekitar Masjid. Pilihlah makanan berkarbohidrat tinggi, minuman bersoda, dan hindari permen menthol. Konon, ketiga jenis makanan tadi membuat rasa kenyang tahan lama

Pilih Moda Transportasi Massal

Walaupun paket umrah termasuk ziarah dan city tour Mekkah, Madinah, dan Jeddah, namun adakala nya jamaah menghendaki untuk melakukan aktivitas jalan – jalan yang sifatnya pribadi.Pilih angkutan massal, sebisa mungkin tidak menggunakan taksi. Demi keamanan dan kenyamanan Anda, khususnya Jamaah Perempuan, dihimbau selalu di dampingi oleh teman dan atau muhrim, atau Anda juga dapat menghubungi muthawif (guide) Anda.

 Membawa Uang Tunai Secukupnya

Ketika perjalanan umroh, ada baiknya anda membawa uang tunai dalam bentuk rupiah, dollar,maupun real secukupnya. Dengan membawa uang tunai, anda dapat lebih mengontrol pengeluaran sesuai kebutuhan Anda. Sebisa mungkin tidak menggunakan ATM, selain  terkadang kurs dan biaya administrasi nya diluar perkiraan kita, menggunakan ATM juga cenderung menggoda Anda untuk membelanjakan uang lebih saat berjalan – jalan.

atm saudi 1 Panduan Meminimalisir Biaya Selama Perjalanan Umroh

Aturlah Biaya Komunikasi

Bila Anda sedang berada di luar negeri, tanpa disadari Anda akan dikenai biaya pemakaian pulsa handphone yang besar. Aturlah biaya telekomunikasi Anda agar tidak melambung karena roaming. Semua layanan operator komunikasi di Indonesia juga tersedia pada operator lokal arab saudi, termasuk layanan free chat yang sekarang sedang booming.  Namun apabila saat perjalanan umroh terpaksa menggunakan operator Indonesia, Simak tips dari M. Sanusi sebagai berikut :

  1. nonaktifkan layanan sinkronisasi push mail pada email
  2. Matikan fitur data roaming
  3. jangan membuka attachment pada email
  4. Jangan menggunakan aplikasi berbasis GPS (googlemaps, dll), atau aplikasi lain yang membutuhkan update sepanjang waktu seperti berita terupdate maupun perkiraan cuaca setempat
  5. Hindari layanan video streaming seperti layanan Youtube dan file streaming lain yang memiliki ukuran sangat besar yang berakibat membengkaknya tarif

Jangan Ragu Untuk Menawar

Di kalangan pedagang Arab Saudi, jamaah haji dan umroh dari Indonesia dikenal jamaah yang “pemurah”, paling gampang membelanjakan uangnya. Bagi Anda yang tidak menyiapkan budget yang besar saat perjalanan umroh, jangan ragu – ragu untuk menawar barang maupun oleh – oleh yang ingin anda beli. Dengan menawar tanpa Anda Sadari Anda telah menyelamatkan pundi – pundi rupiah anda. Sehingga Anda dapat menggunakan uang untuk keperluan lainnya. Belilah barang – barang di Saudi ekslusif bagi keluarga, kerabat dan tetangga, selain dapat menghindari kemungkinan kelebihan bagasi, barang – barang yang sama mungkin dapat Anda temukan di Indonesia, tanpa Anda repot membawanya

 

Demikianlah sedikit Panduan untuk  meminimalisir biaya selama perjalanan umroh. Perisapkan diri Anda dan Keluarga untuk  Perjalanan Umroh Tahun 2014  jauh – jauh hari.

 

Speak Your Mind

*